Tingkatkan Keamanan Pangan, Itera Bina Perajin Keripik Pisang Gang PU Bandar Lampung

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.co): Institut Teknologi Sumatera (Itera) membina perajin keripik di Jalan Pagar Alam (Gang PU), Segelamider, Bandar Lampung, di bidang sanitasi, keamanan pangan, dan daya saing. Program yang berlangsung sejak 27 November ini, menargetkan perajin lebih menjaga sanitasi dalam melakukan pengolahan pangan.

“Sanitasi ini dimulai dari ruang bahan baku, ruang produksi, pengemasan, penyimpanan dan tempat pembuangan hasil pengolahan atau limbah. Begitu juga keamanan bagi pekerja untuk menggunakan alat pelindung diri karena dengan menjaga kebersihan tempat, orang, bahan, alat dan kemasan dapat menjamin keamanan pangan sehingga menjamin keselamatan konsumen sebagai pengguna akhir,” kata Dosen Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Hendra Saputra, Selasa (3/12/2019).

Kegiatan ini melibatkan tiga mahasiswa yakni Heras Bella Savhira, Muhammad Iqbal, dan Reja Putra Siringoringo. Materi kuliah yang diterapkan yakni mikrobiologi agroindustry. “Mata kuliah ini sangat penting karena banyak produk pangan mudah terkontaminasi dengan mikroba seperti bakteri dan jamur. Oleh karena itu, jika sanitasi pengolahan diterapkan, dapat memperpanjang umur simpan produk keripik pisang atau sejenis sehingga bertahan lebih lama” kata Hendra.

Sebagai produk khas Lampung, keripik pisang perlu perlakuan yang baik agar tahan lama, sehingga keamanan dan kualitas produk terjaga. Hal ini, kata Hendra, perlu diperhatikan karena produk keripik oleh-oleh ini dikonsumsi lokal dan luar daerah.

Selengkapnya: https://lampungpro.co/post/24897/tingkatkan-keamanan-pangan-itera-bina-perajin-keripik-pisang-gang-pu-bandar-lampung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *